Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer Harus di Perhatikan Oleh Pemerintah

1/23/2013


Dunia sekarang telah mengalami berbagai perkembangan khususnya dalam hal teknologi yang terus berpacu dengan waktu. IT merupakan hal yang sangat dekat dengan kita sehari-harinya tentu menjadikan kebutuhan tambahan yang harus di konsumsi, begitu pula dengan ilmu yang di pelajari dalam kaitannya ini ialah di dalam kurikulum sekolah. Semakin tingginya kualitas dalam pengajaran akan semakin menentukan prestasi siswa.

Namum fakta yang cukup menarik bahwa di berbagai Daerah bahkan Provinsi masih sangat kekurangan guru TIK yang memang benar-benar dari lulusan pendidikan (S,Pd). Tentu hal ini sangat memprihatinkan karena banyak sekali materi tentang TIK yang tidak disampaikan secara maksimal karena guru yang bersangkutan tidak memiliki kecakapan dalam kemampuan pedagogik nya.


Sangat penting bahwa setiap Pemerintah Daerah memperhatikan kebutuhan guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ampuhnya sehingga membuat pendidikan yang berjalan tersebut memiliki kulaitas serta daya saing untuk mencetak kader lulusan yang berprestasi, oleh karena itu pemerintah juga memiliki kewajiban untuk menyiapkan kuota beasiswa sehingga menjuruskan para siswa untuk mengambil jurusan yang dibutuhkan seperti pendidikan ilmu komputer.

Dalam jenjang SMK masih sangat banyak kekurangan kualitas guru khususnya jurusan TKJ (Tehnik Komputer Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunal), serta berbagai jurusan lainnya. Karena pada jenjang ini ada berbagai pelajaran khususnya produktif yang membutuhkan tingkat intensif yang tinggi. pemilihan guru yang berkualitas sangatlah mempengaruhi kelangsungan pendidikan pada suatu daerah, karena guru dapat mempengaruhi standar kualitas prestasi siswa.

Dewasa ini berbagai universitas telah menyediakan jurusan Pendidikan Ilmu Komputer yang memfasilitasi agar lulusan memilki kemampuan untuk mengajar TIK pada tingkat SMA/MA/SMK, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu yang mengasuh jurusan tersebut, serta dengan kemampuan Pedagogik yang di akui secara nasional bahkan internasional UPI mampu mencetak kader guru yang berkualitas.